11 penyebab sholat batal

perkara-perkara yang menyebabkan sholat batal-Assalamualaikum sahabat Agus prawito
Bagaimana kabar kalian, semoga tetap baik-baik aja dan dapat Rahmat Allah subhanallah wata'ala dan mendapat ridho dari-Nya Amin.

Sholawat serta salam tetap tercurahkan kepada Baginda rosulillah nabi agung Mohammad shallallahu alaihi wasallam dan mendapatkan syafaat nya di hari akhir nanti amin allahuma  aamiin.

 kesempatan kali ini saya akan membagikan sedikit ilmu yang saya pelajari.Banyak orang tidak memerhatikan sesuatu dengan cermat salah satunya yaitu tentang perkara yang membatalkan sholat.

banyak orang tidak tahu tentang perkara yang menjadi penyebab sholat kita batal, karena mereka enggan untuk belajar atau mengaji sebab mereka malas untuk melakukannya.
Sah batalkah sholat tergantung kita yang melakukan, urusan diterima atau tidak itu hak Allah, tapi setidaknya kita di haruskan untuk melakukannya sungguh-sungguh.

Ibaratkan kita mau melamar pekerjaan tapi persyaratannya tidak kita penuhi,apakah kita bisa diterima! Tentu saja tidak akan diterima.
Begitu pula seperti sholat, sholat itu bisa batal kalau tidak memenuhi syarat-syarat dan rukun nya akan tetapi sholat tidak akan batal dan insya Allah diterima oleh allah subhanahu wa ta'ala kalau kita memenuhi syarat-syarat dan rukun shalat.

Oleh sebab itu di kesempatan kali ini saya akan membagikan sedikit ilmu tentang perkara-perkara yang menyebabkan sholat kita batal bagi kalian yang belum tahu simak baik-baik pahami
betul dan hafalkan.

Perkara yang membatalkan sholat itu ada 11,yaitu:
  • ‌1. Sengaja berbicara yang layak untuk percakapan manusia baik berkaitan dengan kemaslahatan salat maupun tidak.
  • ‌2. Melakukan gerakan yang banyak berturut-turut seperti tiga langkah baik sengaja maupun tidak.
  • ‌3. Hadas besar atau kecil.
  • ‌4. Terkena najis ya tidak di ma'fu, jika terkena najis yang kering dan dibuang seketika, maka tidak batal.
  • ‌5. Terbukanya aurat dengan sengaja, jika terbuka oleh angin dan ditutup seketika, maka tidak batal.
  • ‌6. Merubah niat.
  • ‌7. Membelakangi kiblat.
  • ‌8. Makan, baik banyak atau sedikit.
  • ‌9. Minum, baik banyak atau sedikit.
  • ‌10. Tertawa terbahak-bahak.
  • ‌11. Murtad (yaitu keluar dari agama islam dengan ucapan atau perbuatan).


Itulah perkara-perkara yang membuat batal sholat kita. Karena sesungguhnya sholat itu adalah tiangnya agama apabila kita tidak sholat maka kita merubuhkan agama islam.


Hanya itu saja di kesempatan kali ini yang dapat saya bagikan mungkin lain waktu saya akan membagikan lagi sedikit sedikit demi sedikit ilmu yang saya dapatkan yaitu tentang perkara-perkara yang menjadi syarat sah sholat ataupun rukun-rukun nya.

Semoga bermanfaat bagi kita semua,Begitulah yang dapat saya sampaikan kurang lebihnya saya mohon maaf sebesar-besarnya karena saya juga manusia biasa wabillahi taufiq wall hidayah wa ridho wall inayah  assalam'mualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Note:sumber referensi kitab fathul qorib 

Komentar

Posting Komentar

Artikel Terpilih

Dua gol lukaku jadikan belgia menang terhadap tunisia

Aplikasi edit untuk youtuber pemula